Chemistry

SIFAT-SIFAT MATERI

warna-warni kimia

warna-warni kimia

Pertanyaan pertama yang perlu diketahui jawabannya bagi mereka yang belajar ilmu kimia adalah “apakah ilmu kimia itu ?”. Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan (komposisi atau struktur) zat, sifat zat, perubahan susunan/sifat zat dan perubahan energi yang menyertainya. Jadi yang menjadi objek ilmu kimia adalah zat atau materi.

Semua bahan kimia yang ada di sekitar kita merupakan contoh materi atau zat. Materi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Di sini kita harus hati-hati untuk dapat membedakan massa dari berat, karena kedua istilah tersebut sering saling dipertukarkan.

Pengertian massa menunjukkan jumlah zat dalam suatu objek. Untuk setiap objek, jumlah ini tetap dan tidak tergantung di mana objek tersebut berada. Sedangkan berat adalah suatu ukuran kekuatan objek dari massanya diketahui yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi. Tidak seperti massa, berat tidak konstan, sangat tergantung di mana objek tersebut berada. Oleh karena itu, bila kita ingin menentukan jumlah suatu materi atau zat dalam praktikum atau penelitian, lebih baik menggunakan massa daripada berat.

Sifat-sifat Materi

Sifat adalah kekhasan yang dimiliki suatu objek. Sifat materi adalah seperangkat sifat atau ciri atau karakteristik yang dimiliki materi tertentu. Sifat materi dapat digolongkan menjadi sifat instrinsik dan ekstrinsik serta sifat fisika dan kimia.

Sifat intrinsik dan ekstrinsik

Sifat intrinsik adalah kualitas yang bersifat khas (dari) tiap contoh zat, tidak peduli bentuk dan ukuran contoh tersebut. Contohnya, rasa asin dari garam dapur dan rasa manis dari gula pasir.

Sifat ekstrinsik adalah sifat yang tidak khas dari zat tersebut sendiri. Yang termasuk contoh sifat ekstrinsik adalah ukuran, bentuk, panjang, bobot dan temperatur.

Sifat Fisika dan Kimia

Sifat fisika adalah sifat atau karakteristik suatu zat yang membedakan dari zat-zat lain dan tidak melibatkan perubahan apapun ke zat lain. Contohnya, titik didih, titik leleh, rapatan, viskositas, kalor jenis, kekerasan. Kualitas dalam kelompok ini dapat diukur dengan mudah dan dapat dinyatakan dengan bilangan. Zat yang dinamai alkohol memiliki sifat fisika yang berbeda dibandingkan dengan aseton. Apabila diukur sifat fisikanya, kedua zat ini akan memberikan hasil pengukuran yang berbeda.

sifat kimia adalah kualitas yang khas dari suatu zat yang menyebabkan zat tersebut dapat berubah, baik sendirian maupun dengan berantaraksi dengan zat lain, dan dengan berubah itu membentuk bahan-bahan berlainan. Sifat kimia termasuk ke dalam sifat instrinsik. Contoh, bensin sangat mudah terbakar, sedangkan minyak tanah lebih sulit terbakar. Besi mudah berkarat sedangkan emas tidak. Perbedaan sifat tersebut karena perbedaan sifat kimianya.

PENGGOLONGAN LARUTAN BERDASARKAN DAYA HANTAR LISTRIKNYA

Beberapa waktu yang lalu di awal tahun 2007, ibukota Jakarta ditimpa musibah banjir karena curah hujan yang sangat tinggi sehingga banyak menenggelamkan perumahan penduduk. Mensikapi kondisi banjir yang lumayan tinggi tersebut, pihak PLN segera mengambil tindakan cepat dengan segera memutuskan aliran listrik yang menuju ke arah transformeter (trafo) yang terendam air banjir. Tahukah Anda mengapa pihak PLN mengambil tindakan tersebut? Apakah air dapat menghantarkan arus listrik sehingga dapat membahayakan penduduk? Menurut pemikiran Anda, kira-kira kriteria air (larutan) yang bagaimana yang dapat menghantarkan arus listrik? Apakah semua larutan dapat menghantarkan arus listrik? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, coba Anda baca melalui artikel yang saya buat dalam format pdf berikut. Mohon didownload terlebih dahulu untuk dapat menbacanya. DOWNLOAD

  1. uly
    October 20, 2009 at 1:32 PM

    thanx yapz……..
    uly jd bs ngrjain tgaz deuh……………….,,,,,,,,,,

  2. rifki
    October 28, 2009 at 3:46 PM

    makasih banget y, kamu dah bantu aku dengan blog mu ini

  3. azenx
    July 23, 2010 at 11:03 AM

    wahhh…….karna da nie jd gak susah engg…… ngrjain tugas…………..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: