Chemist Forums

Forum ini buat para chemist yang ingin berdiskusi masalah-masalah kimia. Buat para chemist yang punya masalah kimia, baik yang masih siswa SMP dan SMA atau mahasiswa, silahkan ajukan masalah anda. Semoga forum ini dapat membantu para chemist yang sedang kesusahan dan memberi pencerahan. Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru.

GOOD THINKING, GOOD FUTURE

  1. January 10, 2009 at 12:18 PM

    Gmana cara ngelarutin iod dalam air??? Biar larut 1 gram ja dlm 25 ml air.

  2. soera
    January 11, 2009 at 5:17 PM

    iod susah larut dalam air. 1 gr belum tentu juga larut dalam 1 L air panas. Jd saran saya, larutin aja 1 gram iod dalam CCl4. ato 1 gr iod dalam larutan KI. selamat mencoba ya…..

  3. January 11, 2009 at 6:20 PM

    bli, sebenarnya yang menyebabkan adanya warna khas pada warna nyala suatu senyawa to apa? ada hubungan dengan eksitasi elektron ya?

  4. soera
    January 11, 2009 at 6:33 PM

    ya, ekstasi elektron dan yang menyebabkan. perbedaan warna nyala itu, karena adanya perbedaan panjang gelombang yang dihasilkan, coba aja analisis pake rumus persamaan Balmer…
    biasanya yang paling khas kan golongan 1A ma 2A, eksitasi elektron masing-masing senyawa dari glongan itu pasti beda kulit.
    trus masukin eksitasi elektron dari kulit berpa ke berapa pada rumus Balmer. pasti dapat panjang gelombang yang beda.
    SEMOGA MEMBANTU.
    GOOD LUCK TENTAMENNYA YA….

  5. January 13, 2009 at 6:10 PM

    makasi ya bli…..oya mw tanya lagi kenapa pada CH3SiNCS itu Si-N-C nya linier sedangkan kalau pada CH3CNCS itu C-N-C nya itu tidak linier alias tertekuk??????
    tolong ya, hehehe………kalo udah kasi tw kalo udah terjawab di web ini. Kasi tw aja di web vis07 kalo permasalahan udah saya jawab di soera.wordpress.com gtu…….sekalian pro,osi ma anak vis07 yang laen

  6. soera
    January 14, 2009 at 4:22 PM

    sori baru dapat baca. wah pertanyaan yang susah nie…
    udah coba pake teori VSPER ga?
    lihat syarat-syarat gmana bentuk molekul dapat tertekuk atau bentuk V.
    kalian pasti bisa jawab pake teori VSPER. biasanya dipengaruhi oleh pasangan elektron bebas ko…
    mudah-mudahan jawabannya ga salah, hehehehe….
    nanti klo uda tahu yang bener, bli kasi tahu lagi ya…sori baru bisa ngasi tahu segitu aja….

  7. sa
    January 22, 2009 at 9:21 PM

    hei….bisa bantu sing ne???
    mana yang mudah dicerna antara L-glukosa atau D-glukosa???

  8. soera
    January 29, 2009 at 3:09 PM

    haloo boz sa…
    sory mare maan nginternet puk..
    sory juga belum bisa bantu, mana yang lebih mudah dicerna, akan coba admin cari dulu jawabannya ya…
    harap maklum, admin orang bodo….
    lain x pasti admin kasi jawaban kalo uda tahu…hehehe…

  9. LULUX V_07
    April 3, 2009 at 8:15 PM

    Ad yg tau gk gmn proses trjdinya reaksi antara soda kue, asam sitrat ‘n deterjen??????please mohon bntuannya,thanks b_4……..

  10. soera
    April 7, 2009 at 4:02 PM

    moga2 jawaban ini bisa bantu ya…
    klo soda kue dgn asam sitrat kan netralisasi, reaksinya NaHCO3 + C6H8O7 jadi C6H7O6Na + H2CO3
    deterjen rasanya berfungsi untuk mengikat garam yang terbentuk…
    Coba dicari jawaban yg lebih tepat di milis kimia indonesia…

    Salam
    Soe

  11. yanti_89
    April 29, 2009 at 7:20 PM

    kak ti bingung,tntang seminar mw topik apa,bisa bntu cariin ide g kak qra2?makasi.

  12. yanti
    April 30, 2009 at 7:34 PM

    kak
    minta bantuan doung
    ti kaerang lagi ngambil mata kuliah seminar tapi belum ada ide pakek bimbingan minggu depan baiknya apa ya topik yang diangkat??
    pusing bisa kasi masukkan ga kak??

  13. yulis
    May 18, 2009 at 8:08 PM

    assalamm’ualaikum……….tolong dong jelasin bagaimana seh reaksi aldol, ga ngerti neh

  14. soera
    May 25, 2009 at 9:57 AM

    sory y yanti, kk ga pernah buka blognya…ga tau ada pesan…

  15. soera
    May 25, 2009 at 10:01 AM

    sebenernya saya ga bs jelasin lewat message kayak gini…tapi laen x saya akan coba nulis tentang reaksi2…maaf ga bisa bantu dulu ya…

  16. layla
    July 29, 2009 at 10:17 PM

    di komen sebelumnya :
    larutin aja 1 gram iod dalam CCl4. ato 1 gr iod dalam larutan KI….

    kak bisa kasih tau ga reaksi yg terjadi antara KI + Iod..

    tolong ya kak…

  17. soera
    August 16, 2009 at 5:06 PM

    sory baru balas y…
    reaksinya…KI kan ada ion I- dan K+
    jadi reaksinya…
    I2 + I- —-> I3-

  18. dewi nurdiyanti
    October 15, 2009 at 6:40 PM

    Gimana cara membuka bola lampu untuk dijadikan sebagai tabung raksi dalam proses distilasi. Tolong cepet jawab ya ini tugas mata kuliah untuk pengembangan alat praktikum sudah hampir deadline……makasih ya…..

  19. soera
    October 17, 2009 at 4:50 AM

    klo lampu bohlam ndak bisa jd tabung reaksi, tp jd pengganti labu dasar bulatnya. caranya potong bagian yang nyambung ama wolframnya. yang dipake hanya kaca gelasnya aj.semoga bermanfaat.

  20. January 28, 2010 at 6:28 PM

    Pak Adi……timbal itu beracun apa nggak ya…….tolong dijawab ya.

    salam

    kakashi

    ╔══╗ ♥ ♫ ♥♫ Aluto-michi to
    ║██║ ♫ ♥ ♫ you all
    ║(O)║♥ ♥♫
    ╚══╝█ ▄ █ ▄ ▄ █ ▄ █ ▄ █
    Min- – – – – – – – – – – -●Max
    ► Play. ▌▌Pause

  21. soera
    January 31, 2010 at 9:57 PM

    @kakashi :sangat beracun…makanya pemakain TEL (tetra etil Lead) yang sering dicampur pada bensin dilarang.
    akibat yang paling parah, biasanya gangguan ginjal….
    Salam juga
    Soe

  22. yay
    February 18, 2011 at 3:23 PM

    ak lg meneliti tentang biosensor….ad yg tw ga…conducting polimer bwt biosensor selain pvc apa ya…..pvc terlalu licin

  23. soera
    February 21, 2011 at 3:44 PM

    utk conducting polimer merupakan kajian yg menarik untuk diteliti.
    coba search jurnal yang ada di elsevier, ncbi, spingerlink…
    disana disediakan penelitian yg baru untuk biosensor.
    untuk handbook ttg biosensor, bisa dicari di4shared

  24. satya teru
    November 1, 2011 at 11:08 PM

    aduh admin boleh nanya nga kl NaHCO3 (natrium bikarbonat) itu reaksi nya gi mana ya,, kl di gunakan sebagai soda kue??? aq nga tau proses reaksinya gi mana…
    yg natrium bikarbonat di pangang membebaskan CO2 itu??? (aduh pertanyaannya sepertinya berbelit2 ya,hehehe maap ^^V)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: