Home > articles > Menemukan ‘SESUATU’ yang Tepat untuk Diteliti

Menemukan ‘SESUATU’ yang Tepat untuk Diteliti

Kehidupan yang dijalani akan selalu berteman dengan masalah. Tanpa dicaripun masalah itu akan dengan sendirinya. Namun, dalam membuat suatu riset untuk penelitian, masalah yang tepat dan logis untuk diteliti cukup susah untuk didapatkan. Faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kurangnya referensi ilmiah yang dapat membantu untuk menyelesaikan masalah yang akan diselesaikan. Selain itu, faktor dana, bahan dan alat penelitian nantinya, waktu yang diperlukan untuk penelitian, serta tempat penelitian. Untuk itulah, kita perlu memikirkan masalah yang tepat untuk diteliti dan masuk akal untuk dilaksanakan. Karena, sebuah penelitian yang akan dilaksanakan, nantinya harus dipertanggungjawabkan oleh si peneliti.
Menemukan masalah dalam hal ini “sesuatu” yang tepat dan masuk akal untuk diteliti merupakan masalah batin mahasiswa yang harus segera dipecahkan, mengingat keterbatasan waktu yang tersedia. Dan juga, ini adalah masalah tersendiri yang dihadapi oleh setiap mahasiswa. Saya sendiri belum menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, untuk mendapat sesuatu yang tepat dan masuk akal untuk diteliti harus disesuaikan dengan kompetensi yang kita punya baik secara kognitif maupun finansial.
Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menemukan sesuatu yang tepat dan masuk akal untuk diteliti menurut saya adalah sumber referensi yang ada untuk dijadikan landasan teori dalam masalah-masalah yang sudah pasti ada. Misalnya tentang lidah buaya, maka referensinya harus jelas, baik itu dari jurnal ataupun buku yang telah dipublikasikan. Jadi, “sesuatu” yang akan diteliti itu, mempunyai dasar yang kuat untuk dibahas dan diteliti, sehingga jawaban masalah terhadap sesuatu tersebut dapat sedikit dicari alternatif jawabannya, walaupun hal itu bukan solusi langsungnya. Dan juga, setiap argumen yang dilontarkan merujuk pada pustaka yang jelas dan memang ada, sehingga dapat diterima oleh akal.
Hal kedua adalah keberadaan bahan, alat, instrumen dan tempat penelitian untuk “sesuatu” tersebut. Dengan bahan dan alat yang lengkap maka kita akan dapat dengan tepat dan masuk akal untuk menemukan jawaban terhadap “sesuatu” tersebut. Dapat dibayangkan apa jadinya sebuah riset bila menggunakan bahan dan alat yang asal-asalan dan tidak tepat. Tempat penelitian juga perlu dipikirkan, mengapa? Instrumen perlu diperhatikan juga, apalagi instrumen penelitian harus dibuat sendiri atau menggunakan instrumen yang sudah ada. Apalagi di program studi kimia terapan, nantinya pasti menggunakan instrumen dan alat modern, seperti Gas Chromatography (GC), HPLC, AAS, XRD dan instrumen yang lain. Jika menggunakan instrumen yang tidak ada di Bali, atau di Universitas Udayana, maka kita akan berhadapan dengan masalah waktu. Nah, waktu juga harus diperhatikan agar “sesuatu” yang telah diputuskan untuk dicari jawaban atau solusinya tidak terlalu lama selama jenjang program magister ini.
Hal ketiga yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kompetensi yang kita punya dan keberadaan finansialnya. Jika “sesuatu” yang akan kita gunakan untuk penelitian sesuai dengan kemampuan kita, maka “sesuatu” itu tepat untuk diteliti dan masuk akal untuk dilaksanakan. Bila tidak sesuai dengan kompetensi kita, maka riset terhadap “sesuatu” tersebut akan susah untuk dibela dalam sidang atau pertanggungjawaban terhadap solusi “sesuatu” tersebut.
Kesimpulan saya untuk dapat menemukan “sesuatu” yang tepat dan masuk akal untuk diteliti adalah harus memperhatikan keberadaan sumber referensi, bahan, alat/instrumen, waktu, dana, dan kompetensi yang kita punya. Tanpa referensi, “sesuatu” tidak akan bersifat logis dan ilmiah. Tanpa bahan dan alat/instrumen yang tepat, mencari jawaban terhadap sesuatu akan salah. Waktu yang lama, akan membuat kita lama untuk studi dan menghabiskan banyak biaya. Kompetensi yang tidak tepat, membawa kita akan lepas terhadap tanggung jawab terhadap sesuatu tersebut.

Categories: articles
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: