Home > articles > Teknik Sampling

Teknik Sampling

Dalam melakukan suatu penelitian, teknik sampling sangat memegang peranan penting. Secara umum tujuan dari sampling adalah untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili sifat-sifat populasi yang akan diteliti. Hal ini lebih dikenal dengan istilah sampel yang “representatif”. Mengapa harus representatif? Jawaban dari pertanyaan ini sangat sederhana, yaitu agar dalam generalisasi nantinya menghasilkan kesimpulan yang sesuai dengan populasi yang ada.
Banyak hal yang harus diperhatikan dalam teknik sampling. Misalnya jumlah populasi, maka kita harus menentukan teknik sampling yang digunakan, seperti random sampling acak ato yang lainnya. Hal yang paling penting adalah waktu, agar saat sampling waktu yang diperlukan sangat lama, itu akan menghabiskan dana yang banyak.
Nah, untuk lebih lengkapnya saya telah mendapatkan referensi yang bagus mengenai teknik sampling. Berikut ini adalah link download yang saya sediakan. Teknik sampling ini dijelaskan secara simpel oleh Prof Rozaini Nasution. Terimakasih kepada Beliau karena mau berbagi ilmu.

Teknik Sampling

Mari Berbagi Ilmu…

Categories: articles
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: