Home > articles > Implementasi Realita-Analogi-Diskusi (RAD) Menggunakan Multimedia dalam Pembelajaran Kimia

Implementasi Realita-Analogi-Diskusi (RAD) Menggunakan Multimedia dalam Pembelajaran Kimia

lepiDalam kaitan memberikan landasan konsep dasar kimia, pembelajaran kimia SMA patut memperoleh perhatian yang sungguh-sungguh karena Kimia SMA sangat sarat dengan konsep-konsep kimia yang sangat mendasar yang sangat penting dikuasai oleh siswa agar selanjutnya siswa dapat belajar kimia secara bermakna. Materi dan perubahan materi adalah topik kimia yang sangat mendasar yang dibahas di awal. Dari sudut pandang ilmu kimia, materi dan perubahan materi tidak cukup hanya dikaji dari aspek makroskopis, melainkan harus masuk pada kajian yang bersifat mikroskopis yang sifat abstraksinya sangat tinggi. Banyak siswa mengalami miskonsepsi dari proses internalisasi yang keliru, bai karena terminologi kimia maupun pengamatan terhadap materi secara makroskopis (dunia nyata) berbeda bahkan bertentangan dengan pengamatan secara mikroskopis. Miskonsepsi inilah yang menyebabkan pelajaran kimia dianggap sulit.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam belajar kimia secara bermakna disebabkan oleh rendahnya kualitas pemahaman terhadap konsep dasar kimia. Kajian secara mikroskopis tentang konsep konsep yang berhubungan dengan materi dan perubahannya, seperti ; partikel materi, zat tunggal, campuran, perubahan fisika, dan perubahan kimia (reaksi kimia) sangat sulit dipahami oleh siswa SMA, bahkan mahasiswa masih banyak mengalami miskonsepsi terhadap konsep dasar kimia tersebut. Kebanyakan siswa hanya mampu menjelaskan reaksi kimia dari tinjauan makroskopis saja. Sangat sedikit siswa bahkan mahasiswa dapat menjelaskan permasalahan kimia seperti perubahan materi dan reaksi kimia ditinjau dari konsep partikel materi yang merupakan esensi dari kajian secara kimia. Hal ini menegaskan bahwa pemahaman siswa tentang konsep dasar kimia di atas belum menyentuh hakekat kimia yang sesungguhnya.

Pembelajaran konsep kimia di SMA, Materi dan Perubahannya, kebanyakan masih diajarkan dengan pendekatan ekspositori, dimana konsep materi dan perubahan materi masih disampaikan perdefinisi, kemudian guru memberikan beberapa contohnya. Guru sudah merasa berhasil bila siswa dapat menyebutkan kembali definisi beserta dengan contohnya seperti yang telah disampaikan oleh guru. Guru jarang menggunakan media atau alat peraga dalam pembelajarannya untuk membantu siswa dalam memahami konsep kimia abstrak. Demikian pula, guru jarang mengajak siswa untuk melihat berbagai fakta lewat praktikum laboratorium, menganalisis fakta, dan menggunakan analogi tertentu untuk menjelaskan fakta dalam rangka membangun pengetahuan sains. Secara umum, pembelajaran kimia SMA lebih menekankan aspek hitungan kimia dan terkesan mengabaikan kajian secara kualitatif bermakna, sehingga sangat wajar bahwa jarang siswa mampu menunjukkan kaitan antara fakta (pengamatan secara makroskopis) dengan apa yang terjadi secara mikroskopis dan kaitannya dengan berbagai notasi dan simbol kimia. Simbol dan notasi kimia hanya bermakna sampai pada tataran kajian secara matematika tanpa pernah pernah mampu dikaitkan gejala kimia yang sebenarnya.

Dari permasalahan tersebut, merekonstruksi pembelajaran kimia SMA yang dapat memfasilitasi siswa belajar kimia bermakna dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada konsep materi dan perubahan materi dapat dilakukan dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan menggunakan metode demonstrasi audio visual (sebagai fakta atau starter experiment), analogi animasi ( sebagai pintu masuk ke alam mikroskopis), dan metode pengajuan pertanyaan dicoba diramu dalam suatu model pembelajaran berupa suatu siklus belajar Realita, Analogi animasi dan Diskusi. Keseluruhan perangkat pembelajaran dituangkan dalam bentuk software komputer yang sifatnya adalah sebagai media pembantu pembelajaran (Contectual computer based instructions).

Persepsi siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang sangat positif terhadap penerapan pembelajaran terbantukan komputer. Sebagian besar siswa merasa sangat terbantu dalam memahami konsep-konsep dasar kimia yang disasar. Banyak siswa menyatakan bahwa pemahaman mereka terhadap konsep kimia yang disasar benar-benar berubah dibandingkan sebelum diberi pembelajaran dengan media komputer. Sebagian besar menyatakan bahwa pembelajaran dengan media komputer menyebabkan mereka mudah memahami kimia. Pembelajaran dengan komputer dapat menarik minat siswa untuk menyenangi ilmu kimia. Sebagian besar siswa mengharapkan agar pembelajaran kimia dilakukan dengan memberikan fakta dan menggunakan media. Mereka mengharapkan agar pembelajaran dengan media komputer terus dilakukan dan dikembangkan di masa yang akan datang. (kirna).

(rewritten :soera)

Categories: articles
  1. laba
    January 27, 2009 at 1:26 PM

    ak onden ngidang ngisinin blog-e nok. kapan-kapan boz nah. tengkiu atas ilmunya. semoga dunia selalu damai.

  2. soera
    January 29, 2009 at 12:36 PM

    ok, sante aja…
    sama-sama, ilmu itu bukan untuk dirahasiakan kok, tapi untuk dibagi bersama…
    yang cepet diisi ya..pang enggal nyidang ngoren timpal2e…
    pang ada anggo tonggos curhat temen2 VJ’crew…
    semoga pikiran baik datang dari segala penjuru….

  3. Imam
    April 20, 2009 at 8:01 PM

    Pak saya sangat tertarik tentang starter experiment. Bisa minta literatur tentang pendekatan starter eksperiment tersebut pak. kalo bisa tolong dikirim ke romanisti.0010@yahoo.co.id atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih

  4. March 25, 2010 at 10:42 AM

    pak saya sangat tertarik dengan model pembelajaran RAD ini …bisa tolong minta litelaturnya pak????.klo bisa tolong kirim ke ata_c4ntik@yahoo.com..makasih pak!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: